PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KABAR UNGGUH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA DI SDN PUCANG (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Pucang Kabupaten Magelang)

Oktavia, Herlin (2019) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KABAR UNGGUH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA DI SDN PUCANG (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Pucang Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0195_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (890kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0195_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0195_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0195_FULLTEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0195_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share (TPS) dengan media Kabar Ungguh terhadap hasil belajar Bahasa Jawa. Media Kabar Ungguh diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design. Tipe Nonequivalent Control Group Desain yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Think Pair Share (TPS) dengan Kabar Ungguh dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar Bahasa Jawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Pucang yang berjumlah 68 siswa. Jumlah sampel yang digunakan 34 siswa sebagai kelas kontrol dan 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Bahasa Jawa. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh model Think Pair Share (TPS) dengan media Kabar Ungguh terhadap hasil belajar Bahasa Jawa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79.18 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar 72.26. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil analisis data menunjukan nilai > sebesar 4.498 > 0, 349, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan media Kabar Ungguh dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Think Pair Share (TPS) dengan media Kabar Ungguh terhadap hasil belajar Bahasa Jawa di kelas III SDN Pucang

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Sic (0611098203) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Media Kabar Ungguh, Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Bahasa Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:00
Last Modified: 18 Jan 2020 03:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item