EFEKTIVITAS BERMAIN PLASTISIN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK

Sariyem, Sariyem (2019) EFEKTIVITAS BERMAIN PLASTISIN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0301.0064_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (907kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0301.0064_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0301.0064_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0301.0064_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0301.0064_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah ntuk mengetahui efektivitas bermain plastisin untuk meningkatkan kreativitas anak di TK Budi Asih Desa Kalirejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Penelitian dilakukan dengan Motode Penlitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bermain plastisin. Penelitian dilakukan di TK Budi Asih Desa Kalirejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo dengan 20 subjek penelitian yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan trigulasi data yaitu teknik analisis yang digunakan untuk mengecek kebenaran dengan mendapatkan data dari sumber yang berbeda dengan menggunakan teknik yang sama. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis perkembangan dari siklus ke siklus menunjukkan peningkatan. Pada Siklus I hasil rata-rata anak yang berkreativitas dengan kategori paling tinggi yaitu kategori cukup sebanyak 55% dari 20 anak. Pada Siklus II hasil rata-rata anak yang berkreativitas dengan kategori paling tinggi yaitu kategori cukup sebanyak 90% dari 20 anak. Dan pada Siklus III hasil rata-rata anak yang berkreativitas dengan kategori paling tinggi yang ditunjukkan dengan rata-rata kreativitas anak dalam pencapaian indikator bermain plastisin yang meliputi fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), originalty (keaslian), elaboration (keterperincian), sensitivity (kepekaan) yaitu sebanyak 80% dari 20 anak. Hal ini membuktikkan bahwa indikator keberhasilan yaitu ≥ 76% kreativitas anak Kelompok B mengalami peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan plastisin efektif dalam menningkatkan kreatifitas anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.Kons.(0008015701) dan Dra. Indiati, M.Pd.(0028036001)
Uncontrolled Keywords: bermain plastisin, peningkatan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:46
Last Modified: 18 Jan 2020 02:46
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item