PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT POSITIVE TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK

Putri, Oktavia Manase (2019) PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT POSITIVE TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0072_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0072_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0072_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0072_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0072_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian reinforcement positive untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia dini di TK Aisyiyah 4 Jurangombo Magelang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Bimbingan Konseling. Subjek penelitian diambil berdasarkan hasil dari wawancara dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa, semua siswa dari kelompok A. Pengumpulan data dari observasi, wawancara dan penelitian tindakan, dengan menggunakan tiga siklus, yang dalam siklus mencakup beberapa kegiatan yaitu : 1) Rencana tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Aspek yang dijadikan indikator adalah 1) Mampu mengambil keputusan sederhana, 2) Mau berpisah dengan orang tua saat di sekolah, 3) Mampu mengerjakan sendiri kegiatan yang diberikan, 4) Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan, 5) Kreatif dalam memecahkan masalah, 6) Tidak mudah putus asa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reinforcement positive mampu meningkatkan kemandirian anak. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data. Berdasarkan analisis dan pembahasan anak mengalami peningkatan kemandirian diatas 50% pada siklus ke tiga. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian reinforcement positive dapat meningkatkan kemandirian anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si. (0012045601) dan Dewi Lianasari, M.Pd, (0626058702)
Uncontrolled Keywords: Reinforcement Positive, Independence
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 31 Dec 2019 08:49
Last Modified: 31 Dec 2019 08:49
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item