Mundayanah, Siti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA “PAKU LINCAH” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukodadi 2, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (763kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Paku Lincah terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukodadi 2, Bandongan Magelang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi Experiment tipe Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 32 siswa terdiri dari 16 siswa kelompok eksperimen dan 16 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan tehnik korelasi product moment dengan bantuan komputer program Shapiro- Wilk SPSS versi 23,0 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan tehnik statistik Independent T- Test dengan bantuan komputer program Shapiro- Wilk SPSS versi 23,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan dengan media Paku Lincah berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika kelas V materi perkalian dan pembagian pecahan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar 74 dan kelompok kontrol sebesar 60. Hal ini dibuktikan juga dari hasil analisis uji TTest pada kelompok eksperimen dengan nilai 0,000 < 0,05. Sehingga, ada perbedaan yang signifikan antara post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Tria Mardiana M.Pd. (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Model Numbered Head Together, Media Paku Lincah, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 08:24 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 08:24 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1319 |
Actions (login required)
View Item |