PENGARUH PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) DENGAN “MEDIA KERANJANG HAMTARO” TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Candirejo I)

Triyati, Triyati (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) DENGAN “MEDIA KERANJANG HAMTARO” TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Candirejo I). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0116_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0116_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0116_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0116_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0116_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan “media keranajang hamtaro” terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Candirejo 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design yaitu desain penelitian yang tidak melakukan randominasi data antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Candirejo 1. Sampel yang digunakan berjumlah 18 siswa pada kelas IV SDN Candirejo 1. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik parametrik yaitu uji Independent Sample Test dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows. Kesimpulan hasil penelitian ini membuktikan dengan uji Independet Sample Test dengan perolehan nilai t hitung untuk df 34 adalah -7,970 dan nilai sig. (2-tailend) 0,000 yang berarti nilai t hitung lebih kecil daripada t tabel (-7,970 < 1,6909 dan nilai sig.(2-tailend) 0,000 < 0,05) yang berarti hipotesis diterima. Artinya terdapat perubahan yang signifikan terhadap kelas eksperimen dibanding kelas kontrol, oleh karena itu perlakuan menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media keranjang hamtaro berpengaruh terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd, (0007085701) dan Dhuta Sukmarani .M.Si, (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving (CPS), media keranajang hamtaro, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:44
Last Modified: 18 Jan 2020 02:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item