Azizah, Rifaatul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS DOMINO TERHADAP MINAT BELAJAR AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Cacaban 1 dan 6 Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis Domino terhadap minat belajar aksara Jawa siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Cacaban 1 dan 6 Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan model nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Cacaban 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan 28 siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Cacaban 6 yang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji validitas instrumen angket menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus croanbach alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji T (Independent Sample T Test) dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kontekstual berbasis media Domino berpengaruh positif terhadap minat belajar aksara Jawa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji T (Independent Sample T Test) dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar kelompok eksperimen dengan minat belajar kelompok kontrol setelah diberi perlakuan. Dengan demikian penggunaan model kontekstual berbasis media Domino berpengaruh positif terhadap minat belajar aksara Jawa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M. Si., (0007096412) dan Galih Istiningsih, M. Pd. (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Aksara Jawa, Model Pembelajaran Kontekstual, Domino |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:43 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:43 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1314 |
Actions (login required)
View Item |