Fauzia, Chanifa (2019) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian pada siswa kelas III SDN Candisari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0136_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (836kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0136_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0136_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0136_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0136_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi active
learning tipe quiz team terhadap hasil belajar siswa (Penelitian pada siswa kelas
III SDN Candisari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas III SD Negeri Candisari yang berjumlah 27 siswa. Desain
penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan
dua siklus yang terdiri empat kali pertemuan. Teknik analisis data yaitu
meggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif tipe quiz team
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang ditinjau dari aktivitas guru dan
aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari aktivitas guru dalam menerapkan
pembelajaran aktif tipe quiz team sudah baik. Guru berperan sebagai fasilitator
dan pembimbing bagi siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan aktivitas
siswa dapat dilihat dari keterlibatan siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran
aktif tipe quiz team. Selain itu, terdapat peningkatan persentase pencapaian nilai
ketuntasan siswa pada siklus 1 meningkat sebesar 29,5%, kondisi awal 48,2%
meningkat menjadi 77,7% dan pada siklus II meningkat sebesar 40,6%, kondisi
awal 48,2% meningkat menjadi 88,8%. Peningkatan juga terjadi pada nilai rerata
siswa pada siklus 1 sebesar 8,5. Kondisi awal 67,7 meningkat menjadi 76,6 dan
pada siklus II meningkat sebesar 14,6. Kondisi awal 67,7 meningkat menjadi 82,3.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi active
learning tipe quiz team dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Septiyati Purwandari M.Pd (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Quiz Team, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:43
Last Modified: 11 Feb 2025 07:12
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1313

Actions (login required)

View Item View Item