EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA

Adytia, Ogan Wahyu (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0058_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0058_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self control untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Multimedia 3 SMK Muhammadiyah Salaman. Desain dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan model Pretest-Posttest One Group Gesign. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8 orang siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kedisiplinan belajar dan wawancara tidak terstruktur. Uji validitas instrument angket kedisiplinan belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji Paired Samples T-Test dengan menggunakan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan belajar siswa mengalami peningkatan setelah memperoleh konseling kelompok dengan rata-rata 25% dan hasil analisis uji Paired Samples T-test dengan nilai signifikansi menunjukan p=0,000. Hasil probabilitas menunjukan kurang dari 0,05 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self control efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Multimedia 3 di SMK Muhammadiyah Salaman.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd. (0626098401)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Teknik Self Control, Kedisiplinan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:42
Last Modified: 18 Jan 2020 02:42
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item