Adytia, Ogan Wahyu (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (751kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (145kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self control untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Multimedia 3 SMK Muhammadiyah Salaman. Desain dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan model Pretest-Posttest One Group Gesign. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8 orang siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kedisiplinan belajar dan wawancara tidak terstruktur. Uji validitas instrument angket kedisiplinan belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji Paired Samples T-Test dengan menggunakan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan belajar siswa mengalami peningkatan setelah memperoleh konseling kelompok dengan rata-rata 25% dan hasil analisis uji Paired Samples T-test dengan nilai signifikansi menunjukan p=0,000. Hasil probabilitas menunjukan kurang dari 0,05 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self control efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Multimedia 3 di SMK Muhammadiyah Salaman.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd. (0626098401) |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok Teknik Self Control, Kedisiplinan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:42 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:42 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1312 |
Actions (login required)
View Item |