PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBASIS SHORT CARD MODIFICATION TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Grantung, Bayan, Purworejo)

Suryono, Artika (2019) PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBASIS SHORT CARD MODIFICATION TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Grantung, Bayan, Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0118_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0118_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0118_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0118_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0118_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran number head together berbasis short card modification terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Grantung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan model Nonequivalent Conrol Group Design. Sampel yang di ambil sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 kelompok eksperimen dan 31 kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes ini digunakan untuk menguji sejauh mana siswa mengalami perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah mengambil tindakan. Teknik analisis data menggunakan uji T independent dengan program SPSS 16 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan kesamaan dua varians (homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model number head together berbasis short card modification terhadap hasil belajar. Bukti adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara selisih nilai rata-rata posttest kedua kelas yaitu 6,7 dengan rata-rata pada kelas eksperimen 76,6 dan kelas kontrol 69,9 serta hasil t-test mempunyai nilai signifikansi 0,012 < 0,05 sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran number head together berbasis short card modification yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Grantung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi M.Si.,Kons (0627057501) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Number Head Together, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:40
Last Modified: 18 Jan 2020 02:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item View Item