PENGARUH PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI

Afriyati, Lysa (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0020 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0020 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0020 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0020 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0020_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran gerak dan lagu terhadap peningkatan kemampuan kerjasama anak kelompok B di TK Pertiwi Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan menggunakan desain eksperimen dengan model one group pre – post test design dengan pengukuran awal dan pengukuran akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Pertiwi Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 15 anak, sampel ditentukan menggunakan purposive sampling atau sampel bertujuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi yang diukur menggunakan instrumen dengan 5 indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah nonparametik dengan uji wilcoxon test menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 23. Hasil uji wilcoxon test menggunakan bantuan SPSS for Windows fersi 23 diperoleh nilai Z sebesar -3,451 dengan tingkat signifikansi (a) 0,01. Hasil perhitungan SPSS terlampir. Berdasarkan hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir diketahui bahwa kemampuan kerjasama anak lebih tinggi setelah diberikan perlakuan pembelajaran gerak dan lagu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran gerak dan lagu berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama anak. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “pembelajaran gerak dan lagu berpegaruh terhadap peningkatan kemampuan kerjasama anak” terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si., Psi. dan Febru Puji Astuti, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Gerak dan Lagu, Kemampuan Kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2019 04:03
Last Modified: 29 Apr 2019 07:33
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item