PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI

Febriningtyas, Laela (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0029_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0029_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0029_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0029_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0029_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Temanggung. Pendekatan ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebnayak 10 siswa. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang berupa konseling kelompok dengan teknik role playing dan variabel terikat yang berupa kepercayaan diri. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Uji validitas instrumen kepercayaan diri dengan validasi butir. Analisis data menggunakan non parametic dengan teknik uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok dengan teknik role playing dibuktikan dengan hasil analisis uji wilcoxon sebesar – 2,809 sehingga pengajuan hipotesis diterima jika taraf signifikan probabilitas kurang dari 0,05 dan skor rata - rata pretest sebesar 127,80 dan posttest sebesar 154,50 yang memiliki selisih rata - rata skor pretest dan skor posttest sebesar 26,7% dengan peningkatan rata - rata 20%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. (0614107401) dan Sugiyadi,M.Pd., Kons. (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Role Playing, Kepercayaan Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:37
Last Modified: 18 Jan 2020 02:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item