Argian, Muhammad (2019) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian pada Siswa Kelas V Gugus Terampil Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus Terampil Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Pengelolaan kelas sebagai variabel bebas pertama, motivasi belajar sebagai variabel bebas kedua, prestasi belajar sebagai variabel terikat. Jumlah siswa yang diteliti melibatkan sampel sebanyak 89 responden dan penentuan responden berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berbentuk angket pengelolaan kelas dan motivasi belajar, serta dokumentasi prestasi belajar siswa. analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan analisis regresi berganda. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas menunjukkan kategori yang sangat baik (82,66%), motivasi belajar dalam kategori baik (62,90%), dan prestasi belajar siswa dalam kategori yang baik (80,46%). Hasil regresi sederhana pertama menunjukkan Rhitung= 0,213> Rtabel= 0,05 jadi pengelolaan kelas berhubungan sebesar 21,3% terhadap prestasi belajar siswa. Hasil regresi sederhana kedua menunjukkan bahwa motivasi belajar menunjukkan Rhitung= 0,574 > Rtabel = 0,05 jadi motivasi belajar berhubungan sebesar 57,4% terhadap prestasi belajar. Pengelolaan kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan Fhitung=59,413 > Ftabel=3.10 dan hasil regresi berganda menunjukkan signifikansi sebesar 58%. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka hendaknya guru lebih memperhatikan serta meningkatkan pengelolaan kelas dan motivasi belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:24 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:24 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1304 |
Actions (login required)
View Item |