Nurrohmah, Irna Itsnayni (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN CBT DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0086_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (916kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0086_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0086_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0086_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0086_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (80kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan CBT teknik “Cognitive Restructuring” terhadap peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mertoyudan, Magelang tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Mertoyudan Magelang. Sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan tujuan atau karakteristik yang sudah ditentukan. Penelitian ini menggunakan one group design pre test and post test, desain tersebut menggunakan satu kelompok subyek dengan satu macam perlakuan, yaitu kelompok eksperimen. Sampel yang diambil dari penelitian ini sebanyak 8 siswa masuk dalam kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis Non Parametric dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok pendekatan CBT teknik “Cognitive Restructuring” berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor rata-rata skala motivasi belajar. Perbedaan skor tersebut dapat dilihat dari hasil data antara skor Pretest dan Postest. Semakin tinggi peningkatan skor skala motivasi belajar maka pemahaman tentang motivasi belajar siswa semakin meningkat.hal ini membuktikan bahwa pengaruh konseling kelompok pendekatan CBT teknik cognitive restructuring dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons, (0002086001) dan Drs. Arie Supriyatno, M.Pd. (0012045601) |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:21 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:21 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1303 |
Actions (login required)
View Item |