PENINGKATAN LITERASI IPA MELALUI PEMBELAJARAN NHT (Numbered Head Together) (Siswa Kelas III SDN Bojong 1 Mungkid Kabupaten Magelang)

Septiani, Muna Dwi (2019) PENINGKATAN LITERASI IPA MELALUI PEMBELAJARAN NHT (Numbered Head Together) (Siswa Kelas III SDN Bojong 1 Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0185_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (745kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0185_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0185_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0185_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0185_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pebelajaran bagaimana meningkatkan Ilmu pengetahuan Alam pada siswa mada materi gerak benda kelas III SDN Bojong 1Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri empat yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindalkan, refleksi, dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, pre tes, dan tes hasil belajar. Indikator dalam keberhasilan penelitian ini adalah tercapainnya kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 80,3 untuk materi gerak benda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooeratif tipe NHT dapat meningkatkan pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam pada siwa kelas III SD Negeri Bojong Hal ini dibuktikan dengan hasil pada siklus I mencapai 72,25 maka diperlukan siklus II dengan hasil 80,3. Indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai ditunjukkan dengan hasil belajar materi gerak benda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan belajar siswa pada materi gerak benda.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ari Suptiyatno M.Si (0618128801) dan Ela Minchah L.A M.Psi.Psi (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:20
Last Modified: 18 Jan 2020 02:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item