EFEKTIVITAS REINFORCEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA

Astuti, Ika Nur‟aini Juni (2019) EFEKTIVITAS REINFORCEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0021_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0021_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0021_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0021_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0021_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya efektivitas konseling kelompok teknik “reinforcement” untuk mengurangi perilaku menyontek. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Mertoyudan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data menggunakan monitoring. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dapat dilihat dari penurunan grafik dengan berdasarkan pada kriteria (frekuensi) menyontek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik “reinforcement” efektif untuk mengurangi perilaku menyontek. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan antara monitoring sebelum dan sesudah konseling kelompok. Hasil monitoring sebelum konseling kelompok frekuensi menyontek tertinggi 7 (kategori tinggi) dan frekuensi menyontek terendah 4 (kategori sedang). Hasil monitoring sesudah konseling kelompok frekuensi menyontek menjadi berkurang yaitu tertinggi 3 (kategori sedang) dan frekuensi menyontek terendah 2 (kategori rendah). Semakin rendah frekuensi menyontek maka pemahaman dampak perilaku menyontek semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa teknik “reinforcement” dalam konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku menyontek.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd. (0028036001) dan Hijrah Eko Putro, M. Pd. (0626098401)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Reinforcement, Perilaku Menyontek Pada Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:19
Last Modified: 18 Jan 2020 02:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item View Item