Nugroho, Ahmad Maftuh Wahyu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Grabag 1 Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0048_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (764kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0048_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0048_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0048_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0048_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap peningkatan Prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri Grabag 1. Penelitian merupakan jenis penelitian Eksperimen dengan model Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Grabag 1. Subjek penelitian dipilih secara sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 50 siswa yakni yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa dari kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes.Uji validitas instrumen tes menggunakan tenik korelasi product moment dengan bantuan komputer program IBM SPSS 22. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik uji-t (Independent Sample T-test) menggunakan IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh poistif dengan Prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Independent Sample T-test pada kelas eksperimen dengan probabilitas nilai sig(2-tailed) 0,02 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pada pengukuran akhir atau posttest prestasi belajar antara kelas eksperimen sebesar 81,52 dan kelas kontrol sebesar 76,48. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh positif terhadap terhadap peningkatan Prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil M.Pd.,Kons. (0008015701) dan Dhuta Sukmarani. M.Si (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Snowball Throwing, Prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:18 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:18 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1299 |
Actions (login required)
View Item |