Dianti, Seviana (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PANCA INDERA MANUSIA Penelitian pada siswa kelas 4 SD Negeri Tidar 3 (Penelitian Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tidar 3 Kota magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (613kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (446kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif picture and picture terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada panca indera manusia siswa kelas IV SD Negeri Tidar 3 kota Magelang. Desain penelitian ini adalah Pre-EksperimentalOne Group Pretest Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Tidar 3 kota Magelang sedangkan subjek penelitian dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 29 siswa dengan 7 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Uji validasi instrumen tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik analisis non parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran aktif picture andpicture berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA pada panca indera manusia. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen dengan nilai Asymp Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata pretest 56,55 dan skor rata-rata posttest 80,86. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran aktif picture and picture berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. (0008015701) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Aktif Picture and Picture, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:17 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:17 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
View Item |