Nisak, Evi Choirun (2019) UPAYA MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN PROVIDE RELEVANT AND CONTEXTUALLIZED SUBJECT MATTER (Penelitian Pada Siswa Kelas 4 di SD Negeri Blondo 3 Mungkid Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_BAB I_ BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (849kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (83kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Card Sort dengan Provide Relevant and Contextuallized Subject Matter dapat meningkatkan Civic Knowledge siswa kelas IV SD Negeri Blondo 3, Mungkid, Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan 8 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan wawancara. Data diperoleh melalui soal tes pada data tes, lembar wawancara pada data wawancara dan lembar observasi pada data observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran Card Sort pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan aktivitas dan Civic Knowledge siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari persentase aktivitas belajar siswa, siklus I dengan kategori baik dan siklus II dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebanyak 7 orang siswa dengan kategori baik dan ketuntasan 41,17% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 17 orang siswa dengan kategori sangat baik dan ketuntasan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Card Sort mudah diterapkan oleh guru, dibuktikan dengan adanya peningkatan Civic Knowledge siswa. Nilai Civic Knowledge siswa siklus I dengan kategori kurang baik dan baik sedangkan siklus II dengan kategori baik dan sangat baik. Selain meningkatkan Civic Knowledge, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran dalam kelas.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi (0614107401) dan Septiyati Purwandari, M.Pd (0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Card Sort, Civic Knowledge, Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:16 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:16 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1297 |
Actions (login required)
View Item |