PENGARUH QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA PAPAN SATUAN PANJANG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Ringinanom kecamatan Tempuran kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019)

Cahyani, Novi Dwi (2019) PENGARUH QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA PAPAN SATUAN PANJANG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Ringinanom kecamatan Tempuran kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0058_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0058_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Quantum Learning dengan media Papan Satuan Panjang terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Ringinanom kecamatan Tempuran kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre- Experimental Designs tipe One Group Pretest Posttest design. Quantum Learning dengan media Papan Satuan Panjang diterapkan pada siswa kelas 4 B SD N Ringinanom 1 yang berjumlah 26 siswa. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program IMBSPSS versi 23.00 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan Uji Non Parametik dengan Uji Wilcoxon dengan bantuan komputer program IMBSPSS versi 23.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh hasil rata-rata pretest 50,76 dan hasil rata-rata posttest 79,53. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quantum Learning dengan media Papan Satuan Panjang berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Ari Suryawan, M. Pd. (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning , Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:12
Last Modified: 18 Jan 2020 02:12
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1296

Actions (login required)

View Item View Item