PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R DENGAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR UNGGAH-UNGGUH ( Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kowangan, Temanggung)

Wardani, Retno Wahyu (2019) PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R DENGAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR UNGGAH-UNGGUH ( Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kowangan, Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0082_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0082_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0082_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0082_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0082_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar PQ4R (preview,question, read, reflect, recite and review) terhadap hasil belajar bahasa jawa siswa kelas IV SD Negeri Kowangan, Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Eksperimental design type nonequivalent control group design dengan satu macam perlakuan yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang diambil sebanyak 46 siswa, 23 siswa merupakan kelas kontrol dan 23 siswa merupakan kelas eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji validitas instrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS 25.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik analisis data menggunakan uji One Way Anova dengan bantuan program IBM SPSS 25.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi belajar PQ4R berbantuan media flip chart berpengaruh positif terhadap hasil belajar unggah-ungguh bahasa jawa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji One Way Anova dengan nilai sig (2- tailed) 0,001<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar 77,61 dan kelompok kontrol sebesar 68,70. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar PQ4R dengan media flip chart berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons., (0012096606) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd (0624118801)
Uncontrolled Keywords: strategi belajar PQ4R, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:10
Last Modified: 18 Jan 2020 02:10
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item