Ardho, Roid Ismail (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Congkrang 1 Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0073_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (898kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0073_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0073_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0073_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0073_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji model pembelajaran outbound berbasis
multiple intelligences pada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan
keterampilan sosial siswa kelas IV SD
Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan 3
siklus dengen 6 pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta
didik yang berjumlah 32 peserta didik, yang memiliki keterampilan sosial rendah.
Variabel dalam penelitian terdiri dari 3 variabel yaitu variabel input: Siswa kelas
IV mempunyai keterampilan sosial rendah, variabel proses: penggunaan Model
Pembelajaran Outbound berbasis Multiple intelligences pada Mata Pelajaran IPS
Kelas IV, variabel output: meningkatkan keterampilan sosial siswa. Adapun
pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi yang mengungkap data
tentang perkembangan keterampilan sosial dalam kegiatan bermain outbound
berbasis multiple intelligences .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa SD Negeri
Congkrang 1 meningkat. Sebelum dilakukan tindakan, sebagian besar siswa
memiliki keterampilan sosial kurang, dan sedang. Namun pada Siklus III dapat
dilihat sangat tampak terjadinya peningkatan keterampilan sosial siswa, yaitu
(6,3%) memiliki keterampilan sosial kategori baik dan (93,3%) memiliki
keterampilan sosial kategori sangat baik. Kesimpulannya bahwa keterampilan
sosial siswa kelas IV SD Negeri Congkrang 1 Kecamatan Muntilan dapat
meningkat ketika anak diajak untuk bermain outbound berbasis multiple
intelligences .

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.Psi. (0614107401) dan M.A Noviudin Pritama, M.Pd. (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, Outbound berbasis Multiple intelligences , SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:02
Last Modified: 06 Feb 2025 01:48
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item