Ardho, Roid Ismail (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Congkrang 1 Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0073_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (898kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0073_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0073_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0073_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0073_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (342kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji model pembelajaran outbound berbasis
multiple intelligences pada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan
keterampilan sosial siswa kelas IV SD
Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan 3
siklus dengen 6 pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta
didik yang berjumlah 32 peserta didik, yang memiliki keterampilan sosial rendah.
Variabel dalam penelitian terdiri dari 3 variabel yaitu variabel input: Siswa kelas
IV mempunyai keterampilan sosial rendah, variabel proses: penggunaan Model
Pembelajaran Outbound berbasis Multiple intelligences pada Mata Pelajaran IPS
Kelas IV, variabel output: meningkatkan keterampilan sosial siswa. Adapun
pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi yang mengungkap data
tentang perkembangan keterampilan sosial dalam kegiatan bermain outbound
berbasis multiple intelligences .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa SD Negeri
Congkrang 1 meningkat. Sebelum dilakukan tindakan, sebagian besar siswa
memiliki keterampilan sosial kurang, dan sedang. Namun pada Siklus III dapat
dilihat sangat tampak terjadinya peningkatan keterampilan sosial siswa, yaitu
(6,3%) memiliki keterampilan sosial kategori baik dan (93,3%) memiliki
keterampilan sosial kategori sangat baik. Kesimpulannya bahwa keterampilan
sosial siswa kelas IV SD Negeri Congkrang 1 Kecamatan Muntilan dapat
meningkat ketika anak diajak untuk bermain outbound berbasis multiple
intelligences .
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si.Psi. (0614107401) dan M.A Noviudin Pritama, M.Pd. (0625118801) |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan sosial, Outbound berbasis Multiple intelligences , SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 04:02 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 01:48 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |