PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ( Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Rambeanak 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang)

Wulandari, Dyah Retno (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ( Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Rambeanak 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0071_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0071_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0071_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0071_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0071_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IIISDN Rambeanak 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen Pre- Experimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN Rambeanak 2 yang berjumlah 32 siswa. Subjek penelitian dipilih dengan tehnik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data penelitian yang dikumpulkan melalui tes kemudian dianalisis menggunakan Analisis non parametrik dengan uji wilcoxon menggunakanIBM SPSS 23. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berbicara.Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest 76 dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest 60. Uji hipotesis diperoleh Asym.Sig.(2-tailed) adalah 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berbicara.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs Tawil, M.Pd (0008015701) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:11
Last Modified: 06 Jan 2020 02:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item View Item