PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SDN Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang)

Waryati, Ari (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SDN Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0306.0046_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0306.0046_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0306.0046_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0306.0046_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0046_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas 3 SDN Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental Design) dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes hasil belajar sebanyak 25 butir soal pilihan ganda. Uji validitas instrumen soal tes hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha, uji tingkat kesukaran soal dan uji daya pembeda dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Outdoor Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoxon diperoleh hasil Z score = 4,380 > 0,135 dan Asymp. Sig. (2- tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara rata-rata posttest sebesar 76,48 dan rata-rata pretest sebesar 54,56. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Outdoor Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPS

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Ahmad Syarif, M.Or (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 06 Jan 2020 01:32
Last Modified: 06 Jan 2020 01:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item