Ani, Erni Feri (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA POHON TERPADU TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESADARAN LINGKUNGAN (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0023_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (715kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0023_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0023_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0023_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0023_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran contextual teaching and learning dengan media pohon terpadu terhadap peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan siswa pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pada desain Pre-Experimental Designs, khususnya pola one group pretest posttest design. Penelitian ini terdiri atas 1 variabel bebas yaitu pembelajaran contextual teaching and learning (X) dan 1 variabel terikat yaitu peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan (Y). Subjek penelitian dipilih secara sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa yakni terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Uji validitas instrumen metode tes dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS for Windows versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji paired sampel t test nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000. Berdasarkan hasil analisis, nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan t hitung (-10,426) yang lebih besar dari t tabel (0,444) Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pada pengukuran awal (preetest) sebesar 37,9 dan pengukuran akhir (posttest) sebesar 76,45. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh positif terhadap peningkaan pemahaman kesadaran lingkungan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan M.A Noviudin Pritama, M.Pd (0625118801) |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran contextual teaching and learning, peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 01:30 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 01:30 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1279 |
Actions (login required)
View Item |