PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN DAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA INGGIL

Yuniastuti, Nia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA SCRAMBLE TERHADAP PEMAHAMAN DAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA INGGIL. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0063_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0063_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0063_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0063_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0063_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran TPS(Think Pair Share) Dengan Media Scramble Terhadap Pemahaman dan Ketrampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Inggil kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rejowinangun Selatan 3 dan 4. Penelitian ini merupakan penelitian semu (Quasi Experimental) dengan model Nonequivalent control group design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah selruh siswa Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Selatan 3 dan 4. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV 48 siswa terdiri dari 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Analisis data meliputi uji validasi, normalitas, homogenitas dan uji Anava one way dengan berbantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Dengan Media Scramble Terhadap pemahaman dan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Inggil. Hasil signifikan menunjukan 0,000 0 <0,005. Hasil penelitian menunjukkan skor ratarata tes kelompok eksperimen sebesar 7,5 dan kelompok kontrol 6,7. Hasil observasi eksperimen niali rata-rata sebesar 7,5 postest dan kelompok kontrol 7,2.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si (0012045601) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: TPS(Think Pair Share), Media Scramble, Pemahaman, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:11
Last Modified: 28 Dec 2019 02:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item