PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA TALI PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUPEN

Setyawati, Dwi Puri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA TALI PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUPEN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
1503050107_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
1503050107_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
1503050107_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
1503050107_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
1503050107_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan media tali perkalian terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Kupen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Tipe One Group pretest – posttest. Subjek penelitian dipilih menggunakan Sampling Jenuh, sebanyak 22 siswa. Instrumen penelitian berupa teks obyektif pilihan ganda berjumlah 30 soal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Analisis data menggunakan teknik statistik nonparametrik yaitu Uji-Bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran STAD dengan media tali perkalian. Pada pengukuran awal diperoleh skor pengukuran awal rata – rata 67, nilai minimal 35, maksimal 75. Selanjutnya diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran STAD dengan media tali perkalian dan dilakukan pengukuran kembali diperoleh skor rata – rata sebesar 83, nilai minimal 77 dan nilai maksimal 90. Uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah .000 < 0,05 dan Z skor sebesar -4.116 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa :”Model Pembelajaran STAD dengan Media Tali Perkalian terhadap hasil belajar Matematika di Sekolah Dasar Negeri 2 Kupen dapat diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Psi. (0611098203) dan Ela Minchah L.A, M.Psi.Psi. (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Media Tali Perkalian, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:40
Last Modified: 02 Jan 2020 04:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item