Setyawati, Dwi Puri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA TALI PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KUPEN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
1503050107_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
1503050107_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
1503050107_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
1503050107_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
1503050107_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD
dengan media tali perkalian terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri 2 Kupen.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Tipe
One Group pretest – posttest. Subjek penelitian dipilih menggunakan Sampling Jenuh,
sebanyak 22 siswa. Instrumen penelitian berupa teks obyektif pilihan ganda berjumlah 30
soal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Analisis data
menggunakan teknik statistik nonparametrik yaitu Uji-Bertanda Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika
menggunakan model pembelajaran STAD dengan media tali perkalian. Pada pengukuran
awal diperoleh skor pengukuran awal rata – rata 67, nilai minimal 35, maksimal 75.
Selanjutnya diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran STAD dengan media tali
perkalian dan dilakukan pengukuran kembali diperoleh skor rata – rata sebesar 83, nilai
minimal 77 dan nilai maksimal 90. Uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed)
adalah .000 < 0,05 dan Z skor sebesar -4.116 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya
bahwa :”Model Pembelajaran STAD dengan Media Tali Perkalian terhadap hasil belajar
Matematika di Sekolah Dasar Negeri 2 Kupen dapat diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Psi. (0611098203) dan Ela Minchah L.A, M.Psi.Psi. (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Media Tali Perkalian, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:40
Last Modified: 02 Jan 2020 04:40
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item