Naghma, Nadia Thufaila (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA LINGKARAN BERHITUNG TERHADAP KETERAMPILAN OPERASI BERHITUNG SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas II SD Negeri Ngadirojo, Kecamatan Secang ,Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0027_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (758kB) | Preview |
![]() |
PDF
15.0305.0027_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0027_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0027_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0027_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (66kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif
dengan media Lingkaran Berhitung berpengaruh terhadap keterampilan operasi
berhitung siswa kelas II di SD Negeri Ngadirojo, Kecamatan Secang, Kabupaten
Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi
Experiment Tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis
“purposive sampling”. Populasi pada kelompok eksperimen sebanyak 137 siswa.
Sampel yang diambil sebanyak 62 siswa terdiri dari 31 kelompok eksperimen dan
31 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Uji
validitas soal tes menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl
Pearson, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan formula alpha cronbach
dengan bantuan program SPSS for windows versi 24.00. Uji prasyarat yang
digunakan terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan teknik statistik non-parametrik yaitu uji Mann Whitney dengan
bantuan program SPSS for windows versi 24.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif dengan media
Lingkaran Berhitung berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berhitung
siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Mann Whitney U pada kelompok
eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) 0.001< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata keterampilan berhitung antara hasil
kelas eksperimen sebesar 78 dan hasil kelas kontrol sebesar 65. Hasil dari
penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran aktif dengan media
Lingkaran Berhitung berpengaruh positif terhadap keterampilan operasi berhitung
siswa kelas II.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Aktif, Lingkaran Berhitung, Keterampilan Berhitung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 02 Jan 2020 04:38 |
Last Modified: | 02 Jan 2020 04:38 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |