HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DAN GAME ONLINE DENGAN KARAKTER SOSIAL (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang)

Saputra, Raditya Bayu (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DAN GAME ONLINE DENGAN KARAKTER SOSIAL (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0113_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0113_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0113_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan gadget dan game online dengan karakter sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dengan melibatkan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Penggunaan gadget sebagai variabel bebas pertama, penggunaan game online sebagai variabel bebas kedua, dan karakter sosial sebagai variabel terikat. Jumlah populasi seluruh siswa SD Negri kelas V se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebanyak 239 dan sampel penelitian berjumlah 2 sekolah yaitu SD Negeri Pasuruhan 2 dan SD Negeri Soroyudan dengan jumlah 72 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan karakter sosial, dengan nilai r sebesar 0,026 dan persentase hubungan sebesar 19%. 2) Terdapat hubungan antara penggunaan game online dengan karakter sosial, dengan nilai r sebesar 0,050 dan persentase hubungan sebesar 0,3%. dan 3) Terdapat hubungan antara penggunaan gadget dan game online dengan karakter sosial siswa, dengan nilai r sebesar 0,076. dan persentase hubungan sebesar 10,6%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara penggunaan gadget dan game online dengan karakter sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, penggunaan game online, karakter sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:04
Last Modified: 28 Dec 2019 02:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item