Saputra, Raditya Bayu (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DAN GAME ONLINE DENGAN KARAKTER SOSIAL (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (834kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (612kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan gadget dan game online dengan karakter sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dengan melibatkan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Penggunaan gadget sebagai variabel bebas pertama, penggunaan game online sebagai variabel bebas kedua, dan karakter sosial sebagai variabel terikat. Jumlah populasi seluruh siswa SD Negri kelas V se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebanyak 239 dan sampel penelitian berjumlah 2 sekolah yaitu SD Negeri Pasuruhan 2 dan SD Negeri Soroyudan dengan jumlah 72 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan karakter sosial, dengan nilai r sebesar 0,026 dan persentase hubungan sebesar 19%. 2) Terdapat hubungan antara penggunaan game online dengan karakter sosial, dengan nilai r sebesar 0,050 dan persentase hubungan sebesar 0,3%. dan 3) Terdapat hubungan antara penggunaan gadget dan game online dengan karakter sosial siswa, dengan nilai r sebesar 0,076. dan persentase hubungan sebesar 10,6%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara penggunaan gadget dan game online dengan karakter sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan gadget, penggunaan game online, karakter sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 28 Dec 2019 02:04 |
Last Modified: | 28 Dec 2019 02:04 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
View Item |