Nursaida, Anisa (2019) ANALISIS KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian pada SD Negeri Tanjung Kecamatan Muntilan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0012_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0012_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0012_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0012_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (273kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran dan hasil belajar siswa di SD Negeri Tanjung Kecamatan Muntilan dan mengetahui factor yang mempengaruhi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan model deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, 3 guru dan 9 siswa di SDN Tanjung Kecamatan Muntilan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah divalidasi oleh validator ahli. Uji keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah trianggulasi sumber, metode, ketekunan pengamatan dan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran di SDN Tanjung cukup baik yaitu sebesar 68%.. Berdasarkan hasil analisis, guru di SDN Tanjung masih belum merencakan pembelajaran yang bervariasi, menggunakan metode konvensional dengan kegiatan yang monoton dan penggunaan media yang belum maksimal. Hal ini dikarenakan terdapat faktor yang menghambat guru untuk menerapkan keterampilan variasi pembelajaran. Faktor yang menghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bervariasi adalah: (1) Waktu dan pengalaman guru (2) karakter siswa (3) kegiatan untuk meningkatkan kualitas guru (5) kesejahteraan guru yang belum diperhatikan oleh pemerintah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si (0012045601) dan Ari Suryawan, M.Pd., (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | keterampilan variasi, variasi pembelajaran, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 28 Dec 2019 02:02 |
Last Modified: | 28 Dec 2019 02:02 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1260 |
Actions (login required)
View Item |