Rohmah, Miftahur (2019) IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT PADA KURIKULUM 2013 (Studi Deskriptif Pada Kelas IV SD Negeri Watukumpul, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0140_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0140_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0140_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0140_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0140_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (385kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi authentic assessment, kendala dalam implementasi authentic assessment, ketercapaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas IV SDN Watukumpul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data dianalisa melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Authentic assessment telah mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan mengunakan teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik penilaian kinerja/praktik/unjuk kerja dan produk. 2) Kendala dalam implementasi authentic assessment yaitu internal dan eksternal. Kendala internal yang dihadapi meliputi kemampuan guru, keterbatasan waktu, dan partisipasi siswa, sedangkan kendala eksternal terbesar yang dihadapi yaitu partisipasi orangtua. 3) Ketercapaian aspek afektif pada tingkatan karakterisasi berdasarkan nilai dengan 75% siswa sudah berperilaku sesuai indikator penilaian. Kognitif pada tingkatan mengevaluasi dengan 46,87% berpredikat cukup. Psikomotorik kongrit pada tingkatan presisi dengan 40,62% berpredikat baik. Psikomotorik abstrak pada kemampuan mengkomunikasikan dengan 50% berpredikat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa authentic assessment di kelas IV berjalan dengan baik, sesuai prosedur namun masih mengalami kendala internal dan eksternal. Ketercapaian aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik berada di kategori baik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. H. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd (0605078801) |
Uncontrolled Keywords: | authentic assessment, kurikulum 2013, taksonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 28 Dec 2019 02:00 |
Last Modified: | 28 Dec 2019 02:00 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1259 |
Actions (login required)
View Item |