Anisah, Anisah (2019) DINAMIKA IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI SEKECAMATAN MUNTILAN (Penelitian Pada Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (286kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri sekecamatan Muntilan yang meliputi 1) Kesadaran literasi guru, 2) Perilaku membaca siswa dan 3) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 5 kepala sekolah, 5 guru, 20 siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Data yang diperolah dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kesadaran literasi guru belum maksimal sehingga implementasi GLS belum diterapkan 2) Perilaku baca siswa mayoritas masuk dalam kategori Traditional Intruction (membaca dengan dikaitkan materi akademik), sehingga budaya literasi siswa belum terbentuk 3) Implementasi GLS baru diterapkan pada minoritas SD Negeri di kecamatan Muntilan. Adapun faktor penghambat yang menyebabkan kondisi ini terjadi adalah 1) Guru belum memiliki semangat/motivasi sebagai pembaca sehingga update untuk literasi informasi belum dimaksimalkan2) Siswa kekurangan figure pembaca dari keluarga sehingga minat membaca rendah 3) Siswa telah kecanduan gawai 4) Sosialisasi GLS belum mendalam dan tidak disertai pelatihan dan pendampingan. Sedangkan faktor pendukung implementasi GLS adalah program sekolah adiwiyata yang dilakukan di mayoritas SD dimana program yang dilakukan sejalan dengan tujuan GLS, namun belum dimanfaatkan oleh sekolah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd., (0028036001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd., (0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Kesadaran Literasi Guru, Perilaku membaca siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 04:07 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 04:07 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1258 |
Actions (login required)
View Item |