Ariyanti, Ine Dwi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA PAPAN BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Candimulyo 2 Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (738kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (290kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan media papan bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Candimulyo 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Pretest digunakan untuk mengetahui hasil belajar Matematika sebelum diberikan perlakuan sedangkan Posttest dilakukan setelah pemberian perlakuan model pembelajaran kontekstual dengan media papan bilangan. Subyek penelitian dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 30 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes. Uji validitas instrumen soal tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji tingkat kesukaran soal. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dengan media papan bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 dan Z skor sebesar -4,546. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar matematika yaitu nilai pretest sebesar 68,84 dan posttest 81,2. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan media papan bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual, Media Papan Bilangan, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 04:03 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 04:03 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1257 |
Actions (login required)
View Item |