Saputra, Fajar Ardi (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGANMEDIA CIRCLEPICTURE SERIES (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI ( Penelitian Pada Siswa Kelas 5 di SD Negeri Blondo 3 Kabupaten Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0131_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0131_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (873kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0131_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0131_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0131_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (802kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V A SDNegeri Blondo 3 Mungkid Kabupaten Magelang melalui penerapan pembelajaran aktif dengan media Circle Picture Series (CPS). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V A SDNegeri Blondo 3 Mungkid Kabupaten Magelang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Taggart melalui 3 tahapan yaitu rencana, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi guru dan siswa dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif dengan media CPS dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDNegeri Blondo 3 Mungkid Kabupaten Magelang. Peningkatan keterampilan menulis siswa dapat terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan siswa menjadi lebih aktif dalam mencari informasi dan mengemukakan pendapat untuk bekal menulis karangan narasi. Siswa dapat membuat karangan narasi dengan baik. Siswa juga menjadi lebih berani membacakan hasil karangan di depan kelas, sehingga tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi pada kondisi awal sebesar 64,41% pada siklus I meningkat menjadi 69,28%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 80,69%. Peningkatan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan pada siklus I sebesar 28,12%, siklus I 59,37%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 100%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si., (0012045601) dan Rasidi, M.Pd., (0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis karangan narasi, pembelajaran aktif, media CPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 03:38 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 03:38 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1255 |
Actions (login required)
View Item |