PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian pada siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018)

Santika, Nita Desi (2019) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian pada siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0106_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0106_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0106_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0106_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0106_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model group investigation berbantuan media video terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan 1, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini termasuk true experimental design atau eksperimen murni. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas SD Negeri Pasuruhan 1, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, terdiri dari 28 siswa kelas A yang mendapatkan treatment dengan model group investigation, dan 28 siswa kelas B yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes. Perbedaan pengaruh model group investigation berbantuan media video terhadap prestasi belajar IPA di hitung menggunakan Paired Sample t test dengan bantuan SPSS versi 23.0 for Windows. Berdasarkan pengujian didapatkan nilai thitung sebesar 5,153 dengan ttabel sebesar 0,367 (thitung > ttabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara nilai posttest pada kelompok eksperimen (model group investigation) dan nilai posttest kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Kesimpulannya model group investigation memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si, (0007096412) dan Ari Suryawan, M.Pd, (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Model group investigation, Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:35
Last Modified: 26 Dec 2019 03:35
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item