PELATIHAN SELF MANAGAMENT UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI SISWA(Penelitian pada Siswa Kelas X API A SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang)

Al Ma’ruf, Ahmad Imron Chamzah (2018) PELATIHAN SELF MANAGAMENT UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI SISWA(Penelitian pada Siswa Kelas X API A SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0016 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0016 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0016 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0016 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pelatihan Self Managament Untuk Mengembangkan Konsep Diri Siswa. Penelitian pada Siswa Kelas X API A SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 28 siswa, 14 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (pelatihan self management) dan 14 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data dilakukan dengan bantuan progam komputer SPSS (Statistical Pakcage for the Social Sciences) versi 22.00 windows. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik atau dengan menggunakan Mann whitney bantuan progam komputer SPSS (Statistical Pakcage for the Social Sciences) versi 22.00 windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan self management berpengaruh terhadap pengembangan konsep diri siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Mann Whitney pada kelomok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-Tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan adanya perbedaan peningkatan skor skala konsep diri antara kelompok eksperimen 29.13 % dan kelompok kontrol, 10,62 % dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan self management berpengaruh untuk mengembangkan konsep diri siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. dan Drs. Arie Supriyatna M.Si. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan , Teknik Self Management, Konsep Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:43
Last Modified: 27 Apr 2019 03:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item