PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BAHAN ALAM

Cholifah, Cholifah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BAHAN ALAM. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0041 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0041 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0041 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0041 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0041_ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kemampuan mengenal pola pada anak Taman Kanak- kanak ABA Tahfidz Al Ashr Temanggung melalui pembelajaran berbasis bahan alam. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini difokuskan pada 3 anak yang memiliki kemampuan mengenal pola rendah. Variabel yang digunakan adalah variable input, variabel proses dan variable output,. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar unjuk kerja.Teknis analisis data dalam penelitian ini ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis bahan alam berpengaruh positif terhadap kemampuan mengenal pola pada anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat diketahui bahwa subyek 1 mengalami peningkatan kemampuan mengenal pola mencapai 87,5 %, subyek 2 meningkat mencapai 71,88% dan subyek 3 mengalami peningkatan 84,38 %. Berdasarkan prosentase hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola pada anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M. Si. dan Hermahayu, M. Si. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Pola, Pembelajaran Berbasis Bahan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:42
Last Modified: 29 Apr 2019 07:29
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item