UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI BERVARIASI DI SDN SIDOMULYO KECAMATAN SECANG

Pambudi, Arumsari (2019) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI BERVARIASI DI SDN SIDOMULYO KECAMATAN SECANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0073_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0073_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0073_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0073_SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0073_LEMBAR PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode demonstrasi bervariasi.Populasi penelitian dalam penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis T-Test SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode demonstrasi bervariasi di SDN Sidomulyo untuk meningkatkan prestasi belajar dalam kategori meningkat dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran PAI menggunakan metode demonstrasi bervariasi ditandai peningkatan presentaseprstasi belajar tiap siklus dimulai prasiklus sebesar 7,36% dan meningka tpada siklus 1 sebesar 7,95% dan hasil belajar siswa meningkat pada siklus 2 sebesar 8,71%. AnalisisT-Tes SPSS pada prestasi belajar diperoleh nilai sebesar 0,000 ˂ 0,05. Hasil nilai t hitung sebesar 6,678 lebih besar dari t tabel sebesar 1,7109. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi metode demonstrasi bervariasi terbukti efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SDN Sidomulyo.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd (0626046902) dan Irham Nugroho, M.Pd.I (0626098802)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Belajar, PAI, Metode Demonstrasi Bervariasi, SDN Sidomulyo, Kecamatan Secang
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 21 Dec 2019 06:37
Last Modified: 21 Dec 2019 06:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item