PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KORBAN BULLYING(Penelitian Pada Siswa Kelas VIII B SMPN 13 Kota Magelang)

Permatasari, Mega (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KORBAN BULLYING(Penelitian Pada Siswa Kelas VIII B SMPN 13 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0010 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0010 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0010 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0010 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan self esteem siswa korban bullying. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII B SMPN 13 Kota Magelang T.A 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest one group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 6 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan (konseling kelompok dengan teknik self-management). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa korban bullying yang memiliki self esteem rendah. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametrik yaitu Uji Wilcoxon Signer Ranks Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management berpengaruh terhadap peningkatan self esteem siswa korban bullying. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor posttest yang signifikan lebih tinggi dibanding dengan skor pretest sebelum diberi perlakuan. dengan menggunakan konseling kelompok teknik self management, Peningkatan skor tertinggi sebesar 60 atau 100% dan terendah sebesar 11 atau 18,64% dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 33,16 atau 47,26%. Peningkatan self esteem siswa korban bullying ditandai dengan: tumbuhnya kembali rasa percaya diri, menghargai diri sendiri, selalu semangat, tidak mudah menyerah dan berpikiran maju

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd dan Dewi Liana Sari, M. Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Self-Management, Self Esteem Korban Bullying.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:40
Last Modified: 27 Apr 2019 03:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item