PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI BELAJAR AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG

Utami, Budi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI BELAJAR AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0066_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (944kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0066_SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0066_LEMBAR PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI menggunakan strategi pembelajaran aktifEveryone Is A Teacher Here pada jenjang kelas VA SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang Tahun Ajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDIT Ihsanul Fikri dengan jumlah 29 siswa. Untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan metode pengumpulan data yaitu melalui tes dan observasi. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama dilakukan KBM dengan strategi pembelajaran aktif Everyone is a Teacher Here. Melalui strategi ini siswa dikondisikan untuk aktif terlibat dalam KBM. Siswa aktif mempelajari materi, menjawab pertanyaan, dan menanggapi jawaban yang disampaikan teman sekelasnya. Pada siklus kedua peneliti menambahkan perlakuan yaitu pemberian reward bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan atau memberi tanggapan dengan tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Everyone is a Teacher dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan pencapaian nila rata-rata kelas dan persentase ketuntasan klasikal yang melampaui target yang ditetapkan. Data menunjukkan Setelah pelaksanaan strategi belajar aktif Everyone is a Teacher terdapat peningkatan rata-rata kelas 88,78 pada akhir siklus I menjadi 91,48 pada akhir siklus II. Ketuntasan klasikal juga meningkat dari semula 93,10% pada siklus I menjadi 96,55% pada akhir siklus II.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman,M.Ag. (0611017101) dan Ahwy Oktradiksa, M.Pd (0602108502)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran PAI, Strategi Belajar Everyone Is A Teacher Here, SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 21 Dec 2019 02:41
Last Modified: 21 Dec 2019 02:41
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item