IMPLEMENTASIMETODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN ALQURAN SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di SDITIstiqomah Greges Tembarak Temanggung)

Mubaidah, Siti (2019) IMPLEMENTASIMETODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN ALQURAN SISWA (Penelitian Tindakan Kelas di SDITIstiqomah Greges Tembarak Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0065_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (955kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0065_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0065_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0065_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0065_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Metode Al-Qosimi adalah salah satu metode yang digunakan untuk mempermudah menghafal Alquran baik untuk usia anak-anak maupun lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh implementasi metode Al-Qosimi mampu meningkatkan kualitas hafalan Alquran siswa SDIT Istiqomah Tembarak Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dari PTK adalah seluruh siswa SDIT Istiqomah Greges Tembarak Temanggung yang berjumlah 205 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 22 siswa. Pengolahan hasil penelitian ini dianalisis menggunakan metode statistik presentase perubahan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan hafalan Alquran sebelum menggunakan metode Al- Qosimi masih rendah dengan nilai rata-rata 4,5%, penerapan metode Al Qosimi surat Al-Qori‟ah pada mata pelajaran Tahfidzulquran pada setiap siklus berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Hasil kemampuan hafalan Tahfidzulquran siswa setelah menerapkan metode Al Qosimi mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar 63,6%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imron, M.A (0618077302) dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I (0609088901)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Al Qosimi, hafalan Alquran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 21 Dec 2019 02:38
Last Modified: 21 Dec 2019 02:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item