ANALISIS NILAI KETEKUNAN BELAJAR YANG TERKANDUNG DALAM Al QUR’AN SURAT AL MUZZAMMIL AYAT 1 - 8 (KAJIAN TAFSIR AL AZHAR)

Firdaus, Moh Ihsan (2019) ANALISIS NILAI KETEKUNAN BELAJAR YANG TERKANDUNG DALAM Al QUR’AN SURAT AL MUZZAMMIL AYAT 1 - 8 (KAJIAN TAFSIR AL AZHAR). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0025_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0025_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0025_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0025_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh minimnya pemahaman nilai ketekunan belajar yang sesuai dengan islam dan Al Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep nilai ketekunan belajar di dalam surat Al Muzzammil ayat 1 - 8 dan relevansinya terhadap Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka. Metode pengumpulan datanya adalah dengan analisis isi (content analysis) dan metode dokumentasi. Analisis isi digunakan untuk memperoleh keterangan dari menganalisa semua bentuk komunikasi, seperti pada surat kabar, buku, dan film, sehingga diperoleh sesuatu pemahaman terhadap berbagai isi pesan komunikasi yang disampaikan oleh media massa atau dari sumber lain secara obyektif, sistematis, dan relevan. Sedangkan metode dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan pada subjek penelitian, namun melalui dokumen. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer meliputi Al Qur’an dan Kitab Tafsir Al Azhar sedangkan sumber data sekunder yaitu kitab-kitab tafsir, buku beserta jurnal yang mendukung sumber data primer. Untuk penelitian tafsir penulis juga menggunakan teknik tahlili, ijmali dan muqarrin untuk menganalisis dengan maksimal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep nilai ketekunan belajar dalam surat Al Muzzammil ayat 1-8 adalah dalam tafsir Al Azhar dan beberapa kitab tafsir mengartikan kata tabtiilan dengan berbagai arti seperti tunduk, sepenuh hati, tekun dan lain-lain. Pemahaman kata tabtiilan diartikan beberapa mufasir sebagai tekun berlandasan dari kata batal-yabtulu-batlan yang berati memutuskan. Dalam hal ini mufasir menyebutkan orang dikatan tekun apabila dia memutuskan seluruh perkara dan fokus beribadah kepada Allah. Tabtiilan juga bisa berasal dari kata ibtala-yabtalu yang berarti lelah selelah-lelahnya. Mufasir menyebut tekun adalah orang yang beribadah dengan selelah-lelahnya hingga dia tidak tahu bahwa dirinya lelah atau bisa diartikan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Dari pendapat mufasir dapat diketahui indikator ketekunan dari AL Muzammil ayat 1-8 adalah orang yang Memiliki tujuan yang jelas, sabar, fokus, sepenuh hati, sungguh-sungguh dalam bekerja, beribadah maupun belajar. Nilai ketekunan juga sebagai penguat sistem Pendidikan Islam karena ketekunan merupakan salah satu metode untuk mencapai mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag (0606017303) dan M. Tohirin, M.Ag (0630127101)
Uncontrolled Keywords: Nilai Ketekunan Belajar, Al Qur’an, Surat Al Muzzammil, Kajian Tafsir Al Azhar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Dec 2019 09:18
Last Modified: 20 Dec 2019 09:18
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item