IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ISMUBA DALAM MENINGKATKAN KEDISLIPINAN PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MERTOYUDAN

Yaqin, Maulana Ai’nul (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ISMUBA DALAM MENINGKATKAN KEDISLIPINAN PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MERTOYUDAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0026_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0026_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0026_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0026_SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0026_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan oleh guru ISMUBA di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan, pengaruh metode pembelajaran tersebut untuk meningkatkan kedisiplinan dan pelaksanaannya serta dampak yang sudah berkembang selama penggunaan metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti metode pembelajaran mata pelajaran ISMUBA dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran ISMUBA meningkatkan kedisiplinan siswa, adapun beberapa metode yang digunakan antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode khiwar dan metode praktek. Kedisiplinan peserta didik yang mendapatkan metode pengajaran dari guru-gurunya terlihat semakin meningkat, terutama dalam bidang keagamaan.. Akan tetapi tidak semuanya dapat melaksanakan kedisiplinan dengan baik, mereka tetap dipaksa dengan melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang akan membawa dampak baik bagi keberlangsungan hidup mereka baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Dengan adanya contoh-contoh yang dilakukan oleh guru ISMUBA khususnya, mereka lebih antusias dalam menerapkan kedisiplinan. Karena dengan contoh tersebut mereka tidak merasa bahwa guru hanya sebatas menyuruh tanpa adanya contoh.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. (0606017303) dan M. Tohirin, M.Ag., (0630127101)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Mata Pelajaran ISMUBA, Kedisiplinan Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Dec 2019 09:18
Last Modified: 20 Dec 2019 09:18
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item