Yaqin, Maulana Ai’nul (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ISMUBA DALAM MENINGKATKAN KEDISLIPINAN PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MERTOYUDAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0026_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0026_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0401.0026_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0401.0026_SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0026_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (410kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan oleh guru ISMUBA di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan, pengaruh metode pembelajaran tersebut untuk meningkatkan kedisiplinan dan pelaksanaannya serta dampak yang sudah berkembang selama penggunaan metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti metode pembelajaran mata pelajaran ISMUBA dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran ISMUBA meningkatkan kedisiplinan siswa, adapun beberapa metode yang digunakan antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode khiwar dan metode praktek. Kedisiplinan peserta didik yang mendapatkan metode pengajaran dari guru-gurunya terlihat semakin meningkat, terutama dalam bidang keagamaan.. Akan tetapi tidak semuanya dapat melaksanakan kedisiplinan dengan baik, mereka tetap dipaksa dengan melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang akan membawa dampak baik bagi keberlangsungan hidup mereka baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Dengan adanya contoh-contoh yang dilakukan oleh guru ISMUBA khususnya, mereka lebih antusias dalam menerapkan kedisiplinan. Karena dengan contoh tersebut mereka tidak merasa bahwa guru hanya sebatas menyuruh tanpa adanya contoh.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag. (0606017303) dan M. Tohirin, M.Ag., (0630127101) |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Mata Pelajaran ISMUBA, Kedisiplinan Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 09:18 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 09:18 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1209 |
Actions (login required)
View Item |