PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN STRATEGI MENGAJAR GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR PAI DI MI MA’ARIF BULUREJO

Yanayirtika, Maryam Jamilah (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN STRATEGI MENGAJAR GURU TERHADAP PERILAKU BELAJAR PAI DI MI MA’ARIF BULUREJO. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0048-BAB1-BABII-BABIII-BABV-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0048-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0048_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0048-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0048_PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan strategi mengajar guru terhadap perilaku belajar PAI di MI Ma‘arif Bulurejo. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MI Ma‘arif Bulurejo Mertoyudan Magelang sebanyak 204 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V (lima) yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar engket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan analisis statistik regresi linear ganda menggunakan bantuan program SPSS for windows release versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perhatian orang tua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI . Hal tersebut berdasarkan nilai koefisien regresi sebesar 0.288 dengan tingkat probabilitas 0.034 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05, serta besaran konstribusi variabel perhatian orang tua terhadap perilaku belajar PAI adalah sebesar 26.11%. 2) Srategi mengajar guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI. Hal tersebut berdasarkan nilai koefisien regresi sebesar 0.434 dengan tingkat probabilitas 0.029 lebih kecil dari taraf signifkansi 0.05, serta besaran konstribusi variabel strategi mengajar guru terhadap perilaku belajar PAI adalah sebesar 26.6% 3) Perhatian orang tua dan strategi mengajar guru secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar PAI. Hal tersebut berdasarkan nilai F hitung sebesar 10.020 dengan tingkat probabilitas 0.000 lebih kecil dsari taraf signifikansi 0.05, serta besar koefisien determinasi sebesar 35.1% , sedangkan sisanya 64.9% dipengarhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.Mujahidun, M.Pd. (0604066702) dan Istania Widayati, M.Pd.I (0601118602)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Strategi Mengajar Guru, Perilaku Belajar PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Dec 2019 09:17
Last Modified: 20 Dec 2019 09:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item