Sumariati, Sumariati (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIKIH MATERI TATA CARA SHOLAT BERJAMAAH DI SDIT ISTIQOMAH GANDON DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0057_BAB i_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0057_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0057_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0057_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0057_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (384kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengunaan media audio visal dalam mata pelajaran Fikih dalam materi tatacara sholat berjamaah, untuk mengetahui kemampuan sholat berjamaah siswa-siswi di SDIT Istiqomah Gandon Kaloran, dan mengetahui bagaimana media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam sholat berjamaah di SDIT Istiqomah Gandon Kaloran. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Istiqomah Gandon yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk keberhasilan peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan media audio visual dan metode observasi/pengamatan untuk mengukur keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran Fikih, serta dukumentasi yang digunakan untuk mencari data-data tentang kondisi siswa secara detil dan secara umum sebagai sarana pendukung dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam sholat berjamaah mulai tampak pada siklus pertama. Kalau pada pre siklus, nilai rata-rata kelas sebesar 64,68 (Kurang) pada siklus pertama sudah mengalami peningkatan menjadi rata-rata 74,75 (Cukup). Tingkat ketuntasan juga mengalami kenaikan sebesar 24%, yaitu dari 44% pada pretest menjadi 68% (Baik). Pada siklus kedua nilai rata-rata menjadi 80 (Baik) dan ketuntasan menjadi 90 %. (Baik Sekali). Pada hasil pengamatan juga terjadi pada siklus pertama 46% (kurang) dan pada siklus kedua 84% naik sebesar 38 %. Hal ini menjadi suatu kewajaran, karena terjadinya peningkatan nilai rata-rata kelas secara akademik tentu akan berdampak pada peningkatan ketercapaian ketuntasan secara klasikal. Pada siklus kedua ketuntasan secara klasikal sudah terlampui. Dari 16 anak yang mengikuti pembelajaran terdapat 14 siswa yang mengalami ketuntasan dan tinggal dua siswa yang belum bisa mencapai mungkin karena pengaruh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam sholat berjamaah, sedang sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Muis Sad Iman, M.Ag.(0611017101) dan Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I. (0602108502) |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Siswa, Mata Pelajaran Fikih, Tata cara Sholat Berjamaah, Media Audio Visual |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 09:16 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 09:16 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1207 |
Actions (login required)
View Item |