Musairi, Musairi (2019) IMPLEMENTASI METODE SOSIO DRAMA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MAPEL SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (808kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_PERNYATAAN PUBLIKASI .pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar siswa dengan pendekatan metode sosio drama pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam pokok bahasan Khullafaur Rasyidin (Kepemimpinan Islam setelah Rasulullah wafat). Di SMP Muhammadiyah Borobudur Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Muhammadiyah Borobudur Kabupaten Magelang. Adapun sampel penelitian ini sejumlah 23 anak peserta didik kelas VIII A. Metode pengumpulan data dengan cara pre test dan post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Nilai rata-rata kelas pra tindakan maupun pasca tindakan siklus I dan siklus II beserta persentase peningkatannya. Hasil penelitian menunjukkan respon positif peserta didik terhadap metode sosio drama dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang sebelum menggunakan metode tersebut nilai rata- rata kelas diperoleh peserta didik 7,08. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami peningkatan kemampuan pemahaman terhadap materi sejarah kebudayaan Islam dengan perolehan nilai rata-rata kelasnya 8.04. Atau meningkat sebesar 13,4%. Karena nilai rata-rata kelasnya belum sesuai dengan yang diharapkan peneliti dikarenakan masih ada sebagian kompetensi yang belum tuntas, maka dilakukan tindakan siklus I. Pada siklus II tersebut mengalami peningkatan kemampuan pemahaman materi sejarah kebudayaan Islam, yakni mencapai nilai rata-rata 8,39 atau meningkat sebesar 17,7% terhadap pra tindakan, dan 13,4% terhadap tindakan siklus I. Berdasarkan pengamatan peneliti pada kondisi pra tindakan, tindakan siklus I, dan siklus Il tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode sosio drama dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag (0606017303) dan Andi Triyanto, S.EI, MSI (0622108102) |
Uncontrolled Keywords: | Metode sosio drama, pemingkatan prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 09:12 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 09:12 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1203 |
Actions (login required)
View Item |