PENGARUH PELATIHAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas X Otomotif C Di SMK Satria Kota Magelang)

Dewi, Amalisa Prasasti Sukma (2018) PENGARUH PELATIHAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas X Otomotif C Di SMK Satria Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0004 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (814kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0004 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0004 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0004 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan self regulated learning terhadap peningkatan motivasi berprestasi pada siswa kelas X otomotif C SMK Satria Kota Magelang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pretest postest design. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang berupa self regulated learning dan variabel terikat yang berupa motivasi berprestasi siswa. populasi dari penelitian ini adalah 29 siswa. sampel yang diambil sebanyak 10 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling teknik analisis menggunakan uji wilcoxon. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan motivasi berprestasi siswa sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan dengan self regulated learning dibuktikan dengan hasil analisis uji wilcoxon sebesar – 2,803 sehingga pengajuan hipotesis diterima jika taraf signifikan probabilitas kurang dari 0,05 dan skor rata-rata pretest sebesar 136,60 dan posttest sebesar 157,30 yang memiliki selisih rata-rata skor pretest dan skorposttest sebesar 20,7 dengan peningkatan rata-rata 20%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd. dan Sugiyadi, M.Pd. Kons, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Motivasi Berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:37
Last Modified: 27 Apr 2019 03:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item