Wijayanti, Renny (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYINGTERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU PROSOSIAL(Penelitian pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMP Muhammadiyah Muntilan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0102.0002 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (768kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0102.0002 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0102.0002 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0102.0002 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan pemahaman perilaku prososial siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII U SMP Muhammadiyah Muntilan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True Experimental Desaign)dengan model pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Treatment yang digunakan dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa yang diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu siswa yang terindikasi memiliki skor perilaku prososial rendah. 10 siswa masuk kelompok eksperimen dan 10 siswa masuk kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberi perlakuan (treatment) sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberi perlakuan. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian berupa angket perilaku prososial. Uji validitas instrumen angket perilaku prososial dengan menggunakan rumus product moment sedangan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS 22.00 windows .Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Uji Man Whitneydengan memanfaatkan aplikasi SPSS 22.00 windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman perilaku prososial. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Independent sampel pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai Sig (2-tailed) 0.006 < 0.05. Berdasarperilaku prososial antara kelompok eksperimen sebesar 22 % dan kelompok kontrol sebesar 0,019%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing berpengaruh terhadap peningkatan perilaku prososial.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs.Tawil, M.Pd.,Kons. dan Dewi Lianasari, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Perilaku Prososial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 27 Apr 2019 03:35 |
Last Modified: | 27 Apr 2019 03:35 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/117 |
Actions (login required)
View Item |