PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD Negeri Ringinanom 2, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang)

Kusmilandari, Uni (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD Negeri Ringinanom 2, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (814kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0035_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0035_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0035_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap percaya diri siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Ringinanom 2, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang Tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs, khususnya pola One Group Pre Test -Post Test Design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret- Mei 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket percaya diri kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) berpengaruh terhadap percaya diri siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai ratarata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) berpengaruh terhadap percaya diri siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi. (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Percaya diri , NHT (Numbered Head Together)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:53
Last Modified: 19 Dec 2019 04:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item